Jagad Insan Feat Trensami Assalaam Hunting Amal Human Interest Photo Consept


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sahabat Trensami Assalaam rohimakululloh

Banyak cara dilakukan oleh komunitas dalam mengumpulkan dana untuk didonasikan kepada yayasan sosial atau keagamaan sebagi bentuk kepedulian.

jagad insan
Bermain Banjari (c) Slamet Mardiyono
Salah satu komunitas yang memiliki kepedulian ini adalah Jagad Insan, sebuah komunitas pecinta photografi bergenre Human Interest yang berlokasi di Sidoarjo yang digawangi oleh @ariafarma, @tri3wahyudi_ dan @ismarley_photomoment.

Mereka memiliki cita - cita dan niatan mulia untuk menggelar sebuah acara yang bertajuk Hunting Amal Human Interest Photo Concept dengan tema SANTRI DALAM BIDIKAN KAMERA yang digelar bekerjasama dengan Pesantren Sabtu Minggu (Trensami) Assalaam, sebuah Pondok Pesantren anak - anak yang berlokasi di Perumahan Jaya Regency Sedati Blok CA-01, Desa Kwangsan, Kec Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

trensami assalaam
Jagad Insan Feat Trensami Assalaam Present (c) Nanang Efendi
Jagad Insan mengundang fotografer - fotografer dari Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan kota – kota lain untuk hunting bareng sekaligus beramal karena donasi dari seluruh peserta akan diinfaqkan kepada Pesantren yang pada bulan Desember 2019 ini berusia 3 tahun.

Acara yang digelar Minggu, 17 November 2019 di area tambak di Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo ini diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan Pasuruan.

trensami assalaam
Belajar (c) Triwahyudi
Sejak pukul 06.00 WIB para peserta mulai berdatangan ke lokasi dengan membawa peralatan memotret terbaik mereka.
Setelah menunggu para peserta lain, akhirnya acara mulai dibuka pukul 07.00 WIB oleh Nanang Efendi selaku moderator yang juga salah satu pengurus di Trensami Assalaam.

Human Interest
Belajar (c) Triwahyudi
Setelah do’a bersama, moderator mulai memperkenalkan 6 (enam) talent yang berasal dari Pesantren Sabtu Minggu Assalaam. Ke 6 (enam) talent yang akan menjadi model di acara hunting yang baru pertama kali digelar oleh Jagad Insan ini adalah para personel Al Banjari Trensami Assalaam yang sudah seringkali diundang untuk memeriahkan berbagai acara di wilayah Sidoarjo dan Surabaya.

Peserta Hunting Amal
Sebelum hunting bareng dimulai, @ariafarma berkesempatan memberikan sambutan dan sedikit memberikan perihal acara yang digelar hari ini khususnya beberapa tips tentang Human Interest Photo Concept. Selanjutnya sesi 1 dengan konsep Bermain Banjari dimulai, @ariafarma, @tri3wahyudi_, @ismarley dan Nanang Efendi tampak sibuk menyiapkan talent dan posisi di lokasi jembatan kayu yang di bawahnya dijadikan lalu lintas perahu nelayan Desa Kalanganyar beraktifitas menuju ke laut mencari ikan. Dengan sabar dan telaten para talent diarahkan agar hasil foto bisa memuaskan para peserta.

1 (satu) jam telah berlalu, saatnya Sesi 1 diakhiri dan dilanjut ke Sesi 2 dengan konsep Santri Belajar berlokasi di gubug tambak tak jauh dari jembatan kayu dan dilanjut lagi dengan Sesi 3 dengan konsep Menangkap Ikan.

Simak Video Dokumentasi di sini

Di tengah tengah jeda tiap Sesi, para peserta tampak saling berdiskusi membahas setting kamera, angle dan hal – hal lain sehingga suasana hunting terasa hangat dan bersahabat. Selain itu, tampak juga salah satu orang yang sibuk membuat foto dan video dokumentasi acara, dialah @muchsin, salah satu admin instagram trensami assalaam. Lajang yang tinggal di Gresik tersebut seringkali meluangkan waktunya berkunjung mengikuti kegiatan pesantren dan menangkap momen – momen kegiatan santri untuk dibagikan di media sosial sebagai bentuk Syi’ar.

kalanganyar
MenangkapIkan (c) Jonronny
Saking asyiknya para peserta memotret konsep – konsep yang telah disediakan oleh panitia, tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 10.00 WIB dimana acara harus diakhiri sesuai Rundown acara yang telah disusun.

trensami assalaam
Melihat Hasil Jepretan (c) Muchsin
Nanang Efendi selaku moderator acara mewakili seluruh Crew Jagad Insan mengucapkan terimakasih atas kesediaan seluruh peserta mengikuti Hunting Amal ini, tak lupa bapak 2 anak ini memohon maaf kepada seluruh peserta apabila ada kekurangan selama pelaksanaan acara.

Dari hasil Hunting Amal ini, donasi yang didapat oleh panitia, baik dari peserta dan donasi dari bukan peserta sebesar Rp 1.925.000,- dan akan diserahkan kepada Trensami Assalaam setelah dikurangi biaya operasional selama acara.

Semoga Allah SWT membalas berlipat amal para peserta dan panitia.

(KJT/2019)
Previous
Next Post »