Mengenal Sholawat Burdah

Sholawat Burdah dan Manfaatnya

Al Banjari Trensami Shalawat Burdah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bapak Ibu Saudara yang dirohmati Allah SWT, diantara kita pasti pernah mendengar atau mengetahui bacaan Sholawat Burdah.
Tetapi mungkin sebagian dari Bapak Ibu Saudara ada yang belum mengetahui sejarah asal usul Sholawat Burdah.

Dalam bahasa Arab, Burdah artinya mantel / selimut dan juga dikenal sebagai BUR’AH yang berarti SYIFA‘ (kesembuhan). Sholawat Burdah yang kita kenal sekarang adalah hasil ciptaan Al  Imam Al Bushiri, seorang penyair di jamannya yang senang memuji - muji para raja melalui syair indahnya untuk tujuan mendapatkan uang. 

Pada suatu ketika, beliau jatuh sakit dan menderita kelumpuhan sehingga tidak bisa beraktifitas kecuali hanya berbaring di atas ranjang. Berbagai upaya pengobatan dan penyembuhan telah beliau lakukan tetapi tak kunjung mendapatkan kesembuhan. Hingga pada suatu malam beliau bermimpi bertemu baginda Rosulullah Muhammad SAW yang memerintahkan kepada beliau untuk membuat syair - syair yang memuji baginda Rosulullah Muhammad SAW.
Suatu malam saat Al  Imam Al Bushiri sedang menyusun syair, beliau tertidur dan kembali bermimpi bertemu dengan Baginda Rasulullah SAW yang menyelimutinya dengan sebuah burdah (mantel). Dan tanpa disadari, ketika Al  Imam Al Bushiri terbangun, beliau sembuh dari sakit lumpuh yang dideritanya selama ini. Akhirnya Al  Imam Al Bushiri menyelesaikan syair yang diminta oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW memberi nama syair yang telah diciptakan dengan nama Shalawat Burdah.

Semakin lama, Shalawat Burdah semakin dikenal orang dan menyebar ke seluruh penjuru bumi.

Alkisah, ada seorang yang telah terbiasa memimpin sebuah majlis di kota Makkah. Beliau adalah Alhabib Husein bin Muhammad Alhabsyi ra (saudara Imam Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi, shohibul Maulid Simtudduror). Suatu ketika beliau bermimpi bertemu dengan Baginda Rosulullah Muhammad SAW yang memerintahkannya untuk membaca ShalawatBurdah di Majelis tersebut. Di dalam mimpi beliau, Baginda Rosulullah Muhammad  SAW menyebutkan keutamaan serta fadhilah - fadhilah bagi yang membaca Shalawat Burdah.
Salah satu manfaat membaca Shalawat Burdah adalah melindungi pembacanya dari bala' dan memagari rumah yang digunakan untuk membaca dari gangguan - gangguan.

 
Sholawat Al Burdah


Maulaaya sholli wasallim
Daaiman abadaa
‘Alaa habiibika khoiril
Kholqi kullihimi

Maulaaya sholli wasallim
Daaiman abadaa
‘Alaa habiibika khoiril
Kholqi kullihimi

Maulaaya sholli wasallim
Daaiman abadaa
‘Alaa habiibika khoiril
Kholqi kullihimi

Amin tadzakkuri
Jiironim bidzii salami
Maa zajta dam’an jaroo
Min muqlatin bidami

Am habbatir riihu
Min tilqooi kaadzimati
Wa awmadhol barqu
Fid-dzulmaai min idhomi

Maulaaya sholli wasallim
Daaiman abadaa
‘Alaa habiibika khoiril
Kholqi kullihimi

Ya Robbi bil musthofa
Baligh maqooshidanaa
Wagfir lanaa maa madho
Yaa waasi’al karoomi


 


Previous
Next Post »