NgaLem (Ngaji Pilem) ; Sarana Edukasi dan Rekreasi Santri Trensami Assalaam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Sahabat Trensami Assalaam yang dirahmati Allah Subhanallahu wa Ta'ala.

Sang Kiai
Poster Film Sang Kiai


Setelah penat mengikuti kegiatan belajar mengajar selama tahun 2021, hari Sabtu 1 Januari 2022 kemarin Ustadz Zamzam Ilhami, SPdI selaku pengasus Pesantren Sabtu Minggu Assalaam mengajak seluruh santri yang hadir untuk mengikuti kegiatan NgaLem yang merupakan singkatan dari Ngaji Pilem. 

Ngalem (Ngaji Pilem)
Suasana Ngalem Trensami Assalaam


Setelah kegiatan belajar mengajar dan dzikiran selesai, tepat pukul 22.30 WIB ustadz yang suka kopi hitam ini mengeluarkan mini proyektor yang baru saja dibeli. Dibantu oleh beberapa santri senior dan Koordinator Pesantren Sabtu Minggu Assalaam, ustadz Zamzam Ilhami tampak serius menyiapkan Graha Salaamun Sedati sebagai gedung bioskop dadakan.

Para santri terlihat sangat antusias dan tidak sabar untuk bisa segera menyaksikan film yang akan diputar. Malam itu, para santri diputarkan film yang berjudul "SANG KIAI" yang menceritakan tentang perjuangan KH. Hasyim Asy'ari melawan penjajah Jepang yang bercokol di wilayah Jombang dan sekitarnya.

"Ngalem atau Ngaji Pilem ini bertujuan untuk memberi hiburan kepada santri sekaligus edukasi mengenalkan perjuangan pendiri NU KH Hasyim Asy'ari dan santri yang mengobarkan Resolusi Jihad dalam mempertahankan Negara

Kesatuan Republik Indonesia", kata ustadz Zamzam ketika ngobrol dengan admin ditemani secangkir kopi di sela - sela Ngalem. 
"Kisah Sang Kyai ini merupakan manaqib dari KH Hasyim Asy'ari sehingga santri penting mengetahui dan memahami perjalanannya", tambah beliau. 

Bapak Nanang Efendi, SE selaku Koordinator Kegiatan Pesantren Sabtu Minggu Assalaam juga mengatakan, "Ngalem Sang Kiai ini sangat penting bagi seluruh santri karena selaln sebagai sarana hiburan, pemutaran film ini dapat mengedukasi dan mengingatkan kembali napak tilas para ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mendirikan NKRI". "Para santri harus bangga, karena NKRI didirikan oleh berbagai elemen dan salah satu elemen penting ini adalah para ulama", imbuhnya.

Di dalam gedung Graha Salaamun Sedati, para santri tampak begitu serius dan menikmati film yang diputar karena sebagian besar dari mereka belum pernah nonton bareng dan bahkan belum pernah merasakan nonton film layar lebar di gedung bioskop. Mereka seakan terbawa suasana film yang tegang dan sesekali ada adegan yang mengundang tawa para santri.

Rafli, salah satu santri yang melanjutkan mondok di Jombang yang malam itu ikut Ngaji Pilem karena sedang libur dari pondoknya mengaku sangat senang dan puas dengan pemutaran film ini. "Akhirnya kami jadi lebih tahu tentang sejarah perjuangan para Kiai untuk turut mengusir para penjajah dari negara kita tercinta", ketika diminta berkomentar setelah Ngalem selesai digelar.

Ustzdz Zein, salah satu Wali Santri yang kedua putranya pernah mondok di Trensami Assalaam dan sekarang melanjutkan mondok di Krian dan Jombang yang pada malam itu menyempatkan diri hadir di Graha Salaamun Sedati menyambut baik program Ngalem yang diadakan di Trensami Assalaam, beliau berharap agar pengasuh dan pengurus senantiasa membuat program dan inovasi terbaru agar para santri tidak bosan dan bersemangat mengikuti kegiatan di Tresami Assalaam. "Semoga kegiatan ini terus berlanjut karena ngaji tidak hanya dari Kiai dan Ustadz tetapi bisa juga dari film yang sifatnya mengedukasi", kata ustadz Zein.

(N/E 03012022)



 





Pesantren Sabtu Minggu Assalaam