Santri Trensami Ziarah Wali, Ngaji Tour ke Makam Sunan Ampel

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sahabat Trensami Assalaam rohimakululloh, hari Sabtu 17 Juni 2023 kemarin, seluruh santri Pesantren Sabtu Minggu Assalaam mengadakan kegiatan yang baru pertma kali digelar sejak Trensami berdiri pada tahun 2016. Malam itu seluruh santri diajak oleh Ustadz Zamzam Ilhami, SPdI selaku pengasuh wisata religi ziarah ke makam Sunan Ampel. 

trensami assalaam
Ngaji Tour Santri Trensami Assalaam ke Makam Sunan Ampel


Berangkat dari Graha Salaamun Sedati pukul 20.30 WIB dan sampai di kompleks Makam Sunan Ampel pukul 22.30 WIB para santri langsung diajak ustadz Zamzam mendekat ke makam utama untuk diberikan pengarahan sebelum ziarah dimulai.
Para santri nampak serius mendengarkan arahan ustadz yang pernah merasakan mondok di Malang dan Jombang semasa SMP dan SMA.

Sunan Ampel
Sesaat sebelum masuk ke kompleks Makam Sunan Ampel


Selanjutnya para santri diajak masuk dan langsung menuju tempat di sebelah barat makam Sunan Ampel. Sebelum duduk seluruh santri dibimbing oleh ustadz Zamzam mengucap salam dan dilanjutkan dengan membaca asmaul husna dan amalan yang sudah dipersiapkan.

Selesai dari makam Sunan Ampel, ritual doa juga dilanjut di lokasi makam mbah Sonhaji atau lebih dikenal dengan sebutan mbah Bolong dan juga di lokasi makam Mbah Sholeh, salah satu santri kesayangan Sunan Ampel yang sangat rajin membersihkan Masjid Ampel kala itu.

Mbah Bolong
Di Kompleks Malam Mbah Sonhaji / Mbah Bolong


Sebelum membaca amalan dan doa, di setiap makam yang diziarahi Ustadz Zamzam sedikit bercerita tentang latar belakang Sunan Ampel, mbah Bolong dan mbah Sholeh sebagai bagian dari mengajarkan sejarah tentang penyebaran agama Islam di tanah Jawa.

Di Kompleks Makam Mbah Sholeh


Setelah kurang lebih 1,5 jam berdoa di 3 lokasi makam, selesai sudah rangkaian acara Ziarah yang Insya Allah akan menjadi agenda rutin para santri. Sebelum kembali pulang ke Sedati, para santri diberi kesempatan untuk berkeliling kompleks masjid Sunan Ampel yang dimanfaatkan para santri untuk menghabiskan uang sakunya dengan didampingi oleh guru dan pengurus Trensami Assalaam yang turut hadir malam itu.

Setelah puas berkeliling dan waktu menunjukkan pukul 01.15 WIB, para santri berkumpul di tempat parkir angkot untuk kembali lagi ke Graha Salaamun Sedati.


(NE/190623)         





Pesantren Sabtu Minggu Assalaam