Ngaji Bareng dan Santunan Jadialim Assalaam Bersama HM. Cheng Hoo Djadi Galajapo

Djadi Galajapo
HM. Cheng Hoo Djadi Galajapo

Assalamualaiikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh
Sahabat Trensami Assalaam yang dirahmati Allah SWT, atas ridho Allah SWT Majlis Dzikir Assalaam mengadakan acara dalam rangka menyambut Hari Yatim Sedunia yang dilaksanakan di Hotel Halogen yang terletak di Jalan Raya By Pass Juanda - Sidoarjo pada hari Senin, 8 Agustus 2022 / 10 Muharram 1444 H.

Acara yang diberi nama Ngaji Bareng dan Santunan Jadialim Assalaam ini digelar untuk memuliakan dan memberikan kegembiraan kepada 98 anak - anak yatim yang tersebar di 6 cabang Majlis Dzikir Assalaam.

Di acara yang juga didukung oleh Yayasan Siantar Top Peduli ini, selain mendapat siraman rohani, anak - anak juga menerima santunan yang biasanya dilaksanakan setiap bulan di setiap cabang Majlis Dzikir Assalaam.

djadi galajapo
Asmaul Husna, Dzikir dan Do'a dipimpin Anak - Anak Jadialim

anak yatim
Asmaul Husna, Dzikir dan Do'a dipimpin Anak - Anak Jadialim


Rangkaian acara dimulai pada pukul 18.00 WIB dengan pembacaan Asmaul Husna dan Dzikir yang dipimpin oleh beberapa perwakilan Jadialim dari 6 cabang yang tersebar di Sidoarjo - Surabaya dan dilanjut dengan Do'a sebagaimana kebiasaan pada santunan yang dilakukan bulanan di setiap cabang.

Majlis Dzikir Assalaam
Sambutan dari Hj. Tris Handayani


Selepas Do'a acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Hj. Tris Handayani dari cabang Waru selaku Koordinator Jadialim Assalaam. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada seluruh pendukung acara sehingga acara Ngaji Bareng dan Santunan Jadialim dapat dilaksanakan dengan baik. Ibu Hj Tris Handayani juga menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Siantar Top Peduli yang telah berkenan bekerjasama dengan Majlis Dzikir Assalaam untuk turut meramaikan acara pada malam hari itu dengan membagikan paket alat tulis.

Siantar Top
Ibu Dewi, Perwakilan dari Yayasan Siantar Top Peduli


Setelah sambutan dari Koordinator Jadialim Assalaam, Ibu Dewi selaku perwakilan dari Siantar Top Peduli diminta kesediaannya untu menyerahkan paket tas, alat tulis & snack secara simbolis dari Yayasan Siantar Top Peduli kepada anak - anak Jadialim. Anak - anak terlihat sangat gembira menerima bingkisan yang diberikan karena bertepatan dengan dimulainya ajaran baru sekolah mereka pada bulan Juli 2022.

Siantar Top
Penyerahan Bingkisan Berupa Paket Tas & Alat Tulis dari Yayasan Siantar Top Peduli


Dalam sambutannya, Ibu Dewi menyampaikan terimakasih karena telah diajak bekerjasama memberikan santunan kepada anak - anak yatim di bawah naungan Yayasan Pesantren Peduli Ummat Islam. Ibu Dewi juga menyampaikan semoga malam ini menjadi awal yang baik untuk kerjasama di masa - masa mendatang antara YP2UI dengan Yayasan Siantar Top Peduli.

Selanjutnya acara dilanjut dengan sambutan yang disampaikan oleh Ustadz Drs. Khusnul Yaqin Noor selaku pengasuh Majlis Dzikir Assalaam. Beliau mengajak kepada seluruh hadirin agar mencintai anak yatim sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menjadi Bunda Asuh yang setiap bulan menyisihkan rizki untuk disodaqohkan kepada anak - anak Jadialim yang tersebar di 6 cabang Majlis Dzikir Assalaam. Tak luipa ustadz yang pernah mondok di Ponpes Tebu Ireng ini juga menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Siantar Top Peduli karena telah berkenan hadir dan menambah kegembiraan anak - anak dengan penyerahan paket buku, alat tulis dan produk - produk dari PT. Siantar Top.
Di tengah tengah sambutannya, ustadz Khusnul sempat memanggil beberapa anak - anak untuk diajak berinteraksi dan naik ke panggung serta memberikan hadiah kejutan kepada mereka. 

Majlis Dzikir Assalaam
Ustadz Drs. Khusnul Yaqin Noor


anak yatim
Ustadz Drs. Khusnul Yaqin Noor Bersama Beberapa anak Jadialim


Setelah pembacaan do'a yang dipimpin oleh Ustadz Khusnul, acara dilanjut dengan pembacaan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Wudhu dan Lomba Sholat yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli di Graha Salaamun Waru yang disampaikan oleh Ibu Zulaichah, SPd selaku bendahara Bunda Asuh Assalaam dan istri dari ustadz Khusnul Yaqin Noor.

Djadi Galajapo
HM. Cheng Hoo Djadi Galajapo


Usai seremonial penyerahan trophy dan hadiah kepada para pemenang lomba acara dilanjut dengan tausiyah interaktif dan kreatif yang disampaikan oleh Imam Besar Pelawak Indonesia H.M Chenghoo Djadi Galajapo. Dengan gayanya yang khas, ustadz Djadi mengajak seluruh hadirin ngaji dengan cara interaksi hingga membuat suasana Ballroom menjadi riuh penuh kegembiraan dan tawa.
Ustadz yang seringkali tampil dengan kopiah khas yang nyentrik ini mengajak para hadirin, jamaah dan anak - anak yatim yang ada di ruangan itu berinteraksi dan memberikan hadiah bagi jamaah yang dapat menjawab pertanyaan beliau. Tampak para santri saling berebut mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan - pertanyaan dari beliau.

Djadi Galajapo
Imam Besar Pelawak Indonesia


Tak terasa hampir 1 jam Ustadz Djadi memberikan siraman rohani yang disambut dengan keceriaan dan kegembiraan semua yang hadir pada malam itu. Di akhir ceramahnya ustadz Djadi mengajak kepada anak - anak untuk menjadi Pintar, Cerdas, Kaya Raya untuk Ibadah.

(NE/082022)






Pesantren Sabtu Minggu Assalaam