Penambahan Kelas Baru Pesantren Sabtu Minggu Assalaam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Trensami Assalaam
Ustadz Zamzam memimpin musyawarah pengajar Trensami

Sahabat Pesantren Sabtu Minggu Assalaam yang dirahmati Allah Subhanallahu wa Ta'ala

Dengan memohon Ridho Allah Pesantren Sabtu Minggu Assalaam senantiasa terus berbenah untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan para santri sesuai dengan usia mereka.

Jaya Regency Sedati
Salah satu santri Trensami sedang membaca kitab

Saat ini, para santri yang belajar di Trensami dibagi menjadi 3 kelas yang terdiri dari santri yang ada di Kelas Jipat, Kelas Monem dan Kelas Z.

Kelas jipat adalah kelas tempat belajar para santri yang ada di kelas 1 sampai dengan kelas 4 SD. Sedangkan yang masuk di kelas monem adlaah para santri yang ada di kelas 5 sampai dengan kelas 6 dan kelas Z yang ada di jenjang pendidikan SMP hingga SMA.

Pembagian kelas seperti di atas sudah dilaksanakan di Trensami sejak tahun 2018 hingga sekarang.

Pada awal bulan Muharram kemarin, Ustadz Zamzam Ilhami, SpdI selaku pengasuh Pesantren Sabtu Minggu Assalaam merasa perlu melakukan perubahan pembagian kelas dengan memecah kelas yang ada agar kegiatan belajar mengajar lebih efektif sesuai dengan tingkatan usia para santri.

Sehubungan dengan hal rersebut, pada Jumat malam tanggal 19 Agustus 2022, ustadz yang pernah mondok di Malang dan Jombang ini mengajak Bapak Nanang Efendi selaku Koordinator Kegiatan Pesantren Sabtu Minggu Assalaam beserta para Ustadz Ustadzah untuk berkumpul, bersilaturahmi melakukan evaluasi dan menyampaikan rencana pemecahan kelas.

Banjari
Kelas Banjari yang diasuh Ustadz ATT

Dari hasil musyawarah akhirnya disepakati untuk melakukan pemecahan kelompok kelas yang sebelumnya ada 5 (lima) menjadi 7 (tujuh) kelompok kelas. Adapun pengelompokan kelas saat ini menjadi sebagai berikut :

1. Kelompok Kelas 1 - 3 (SD/MI) diasuh Ustadzah Marwiyah dengan lokasi belajar di kediaman Bapak Tumin.

2. Kelompok Kelas 4 - 6 (SD/MI) diasuh oleh Ustadzah Dennis dengan lokasi belajar di kediaman Bapak Mardi.

3. Kelompok Kelas 7 - 9 (SMP/MTs) diasuh oleh Ustadz Adi dengan lokasi belajar di Graha Salaamun lantai 2.

4. Kelimpok Kelas 10 - 12 (SMA/MA) diasuh oleh Ustadz Aldo dengan lokasi belajar di Graha Salaamun lantai 1.

5. Kelompok Kelas Bahasa Arab, Akhlaq & Bahasa Jawa diasuh oleh Ustadzah Novi dengan lokasi belajar di kediaman Bapak Tumin (Minggu pagi selepas Sholat Subuh).

6. Kelompok Kelas Banjari diasuh oleh Ustadz ATT dengan lokasi belajar di Graha Salaamun (Minggu pagi selepas Sholat Subuh).

7. Kelompok Kelas Khusus (Gabungan SMP - SMA) diasuh oleh Ustadz Zamzam Ilhami di kediaman Bapak Mardi (Minggu pagi selepas Sholat Subuh).

"Dengan pengembangan kelas ini diharapkan kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif", kata Ustadz Zamzam ketika memberikan pengarahan kepada para pengajar. "Mohon dukungan kepada seluruh Wali Santri agar senantiasa memantau perkembangan putra putri mereka melalui Kartu Kemampuan Barokah yang dimiliki setiap santri agar Wali Santri mengetahui sejauh mana ilmu yang sudah dipelajari putra putrinya", tambah ustadz Zamzam.

"Kami.menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak/Ibu warga di sekitar Pesantren Sabtu Minggu Assalaam yang telah meridhokan kediamannya untuk dijadikan kelas & menjadi tempat belajar para santri, semoga amal ibadah Bapak/Ibu dibalas kebaikan berlipat oleh Allah Subhanallahu wa Ta'ala", kata Bapak Nanang Efendi ketika diberi kesempatan untuk menyampaikan sesuatu.

"Insya Allah ke depan Trensami akan memberikan laporan kepada para Wali Santri terkait dengan nilai pelajaran yang telah diajarkan setiap 6 (enam) bulan sekali", pungkas ustadz Zamzam sebelum menutup musyawarah dengan do'a.


(NE/190822)






Pesantren Sabtu Minggu Assalaam