Konsep Pendidikan Aqidah Dalam Kitab Aqidatul Awam

Santri Trensami sedang membaca Kitab Aqidatul Awam


Ilmu tauhid merupakan salah satu pelajaran wajib di lembaga pendidikan Islam, termasuk pesantren - pesantren di Indonesia.

Mengapa? Karena ia menyangkut hal paling fundamental dalam Islam, yakni iman. Ilmu ini biasa juga disebut ilmu aqidah.

Jika fiqih mempelajari status hukum perbuatan lahiriah seorang mukallaf, tasawuf membahas aktivitas batin, maka aqidah adalah perihal yang berkaitan dengan keyakinan. 

Ketiga unsur inilah yang disabdakan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam haditsnya yang sangat masyhur mengenai iman, Islam, dan ihsan—ketiganya lalu diderivasikan menjadi ilmu tauhid, ilmu fiqih, dan ilmu tasawuf.

Pada dasarnya tujuan pendidikan bukan hanya proses transfer ilmu dan mengembangkan kognitif peserta didik saja, akan tetapi juga tertuju pada perubahan tingkah laku peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.

Maka dari itu pendidikan akidah perlu diterapkan dalam hati peserta didik sejak dini, guna mereka mampu mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memfilter pengaruh-pengaruh luar yang masuk dalam kehidupannya

Trensami Assalaam sebagai salah satu Lembaga Pendidikan yang mengadopsi pendidikan ala pesantren juga mengajarkan ilmu - ilmu keagamaan kepada para santrinya.

Aqidatul Awam mengandung banyak penjelasan tentang ilmu tauhid yang dikemas ke dalam syair yang indah. Rasulullah SAW pun pernah berkata, “Bacalah nadham tentang tauhid, barang siapa menghafalnya maka akan masuk surga dan memperoleh tujuan yang baik yang sesuai dengan Alquran dan As Sunnah”. Wallahualam Bissawab.

(N/E)

Trensami Assalaam

Trensami Assalaam

Pesantren Sabtu Minggu Assalaam