Ngaji Ilmu, Ngaji Laku

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Sahabat Trensami Assalaam yang dirahmati Allah Subhanallahu wa Ta'ala.

jaya regency sedati
Bersih - bersih selepas sarapan adalah bagian Ngaji Laku yang diajarkan


Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tertua yang merupakan produk budaya Indonesia. 
Keberadaan Pesantren di Indonesia dimulai sejak Islam memasuki negeri ini dengan mengadopsi sistem pendidikan keagamaan yang sebenarnya telah lama berkembang sebelum kedatangan Islam di Nusantara. 

Pesantren Sabtu Minggu
Para santri antri sarapan dengan tertib selepas ngaji pagi


Sebagai lembaga pendidikan yang telah lama berakar di negeri ini, pondok pesantren diakui memiliki andil yang sangat besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Pada awalnya pesantren merupakan pusat penggemblengan nilai-nilai dan penyiaran agama Islam, tetapi dalam perkembangannya, lembaga ini semakin meluaskan wilayah garapannya yang tidak selalu mengakselerasikan mobilitas vertikal (dengan penjejelan materi-materi keagamaan), tapi juga mobilitas horizontal (kesadaran sosial). 

ro'an
Bersih - bersih peralatan makan sesuai dengan jadwal piket yang sudah dibuat

Seperti halnya yang diajarkan di Pesantren Sabtu Minggu Assalaam, selain ilmu agama, pengasuh juga mengajarkan tentang hubungan sosial antar manusia dan ciptaan Allah lainnya serta menjunjung tinggi sejarah dan kearifan lokal serta ilmu laku tentang keseharian, membantu orang tua, mencintai sesama dan lainnya agar para santri menjadi pribadi yang "ngerti" dan mandiri.


Trensami Assalaam

Trensami Assalaam

Pesantren Sabtu Minggu Assalaam