Kitab - Kitab Yang Diajarkan di Trensami Assalaam

KITAB - KITAB YANG DIPELAJARI PARA SANTRI

Dalam dunia Pesantren, mempelajari Kitab tidak bisa dipisahkan dari santri karena termasuk salah satu pelajaran penting yang diajarkan oleh guru dan pengasuh.

Kitab Ngudi Susilo
Santri Trensami Assalaam sedang membaca Kitab Aqidatul Awam


Kitab - kitab yang dipelajari di Pesantren ini umumnya tidak diajarkan dan bukan hal yang familiar di kalangan pendidikan umum dari tingkat SD sampai SMA.


  • Kitab Ngudi Susilo

Kitab Ngudi Susilo adalah sebuah kitab yang dikarang dan ditulis oleh KH. Bisri Mustofa, seorang alim dari Rembang, Jawa Tengah.

Kitab yang diajarkan kepada anak - anak setingkat Madrasah Ibtidaiyah ini berisi tentang pelajaran adab, etika dan tata krama seorang anak kepada orang tua dalam kehidupan sehari - hari.

Selain tata krama terhadap orang tua, guru, teman dan tamu, di dalam kitab Ngudi Susilo ini juga tertuliskan pentingnya memiliki cita-cita luhur. Karena menurut penulis, pendidikan agama dan pendidikan umum perlu ditempuh seimbang agar kelak cukup untuk bekal dalam berbakti kepada sang Ilahi. Selain itu kecukupan ilmu yang seimbang menjadikan seseorang mampu untuk memimpin keluarga dan bangsanya. 


  • Kitab Mahfudhotz

Jika ditinjau secara bahasa, mahfudzat dalam kamus bahasa arab berasal dari kata hafidza – yahfadzu – hifdzan yang secara lughawy mempunyai arti menjaga atau sesuatu yang terjaga.

Dalam arti lain dapat diartikan dengan sesuatu yang dihafal yang apabila ditanamkan akan menjadi falsafah hidup yang penting bagi santri, Mengajarkan sifat keluhuran budi pada diri setiap santri, Memberikan kekuatan mental pada setiap santri serta Mengajarkan tentang keyakinan dalam menjalani hidup khususnya pada diri setiap santri.

Secara istilah, Mahfudhotz adalah rangkaian bijak pribahasa Arab yang berasal dari hasil karya tokoh terkemuka dengan profesi yang berbeda beda, seperti kaum bijak, penyair, mereka yang ahli dalam hikmah mereka para sahabat nabi, para ahli agama dan juga para sufi.


  • Kitab Akhlaq Lil Banin

Kitab Akhlaq Lil Banin adalah kitab yang berisi tentang etika yang dikarang oleh Syekh Umar Bin Ahmad Baraja, seorang Alim asal Kota Surabaya yang biasa diajarkan di lingkungan madrasah maupun pesantren di Indonesia.


  • Kitab Aqidatul Awam 

Aqidatul Awam adalah kitab yang berisi syair - syair atau nadham tentang ilmu tauhid. Dikarang oleh al-Imam al-‘Allamah Ahmad bin Muhammad Ramadhan bin Manshur al-Makki al-Marzuki al-Maliki al-Husaini al-Hasani, merupakan seorang mufti mahzab Maliki di Mekah. Beliau juga merupakan seorang pengajar di Masjidil Haram yang terkenal dengan ketakwaan dan kezuhudannya.

Jaya Regency Sedati
Para santri antri giliran setor hafalan ke Ustadz Zamzam Ilhami, SPdI


  • Kitab Mabadi' Fiqiyah

Kitab Mabadi'ul Fiqhiyyah merupakan kitab bermadzhab Imam Asy-Syafi‟i yang disusun oleh Umar Abdul Jabbar yang membahas tentang ibadah keseharian, seperti: thaharah, najis, istinja‟, mandi wajib, tayamum, shalat, zakat, puasa, haji, dll. Hal demiikian sering dikenal dengan sebutan Fiqh.

Seluruh kitab tersebut diajarkan kepada santriwan santriwati sesuai tingkatan usia dan dibimbing langsung oleh Ustadz Zamzam Ilhami, SPdI pengasuh Pesantren Sabtu Minggu Assalaam dibantu oleh Ustadz ATT dan Ustadz Adi.



(N/E 2021)


Trensami Assalaam

Trensami Assalaam

Pesantren Sabtu Minggu Assalaam